Monday, June 30, 2014

Analisis Cover Film Maleficent Melalui Kajian Semiotika Charles Sanders Peirce



Maleficent adalah film dengan genre fantasi, aksi, dan petualangan yang rilis tanggal 30 Mei 2014 di Amerika Serikat, sebuah film adaptasi dari film Sleeping Beauty di era tahun 1959. Di dalam film Sleeping Beauty, Maleficent digambarkan sebagai sosok yang penuh kejahatan. Sosok penyihir yang sangat kejam dan egois. Sedangkan adaptasi film Sleeping Beauty yang berjudul Maleficent pada tahun 2014 ini, karakter Maleficent mempunyai perubahan dengan karakter di film sebelumnya.  Walau arti kata dari Maleficent melambangkan kejahatan, pada film Maleficent ini Maleficent di gambarkan sebagai seorang penyihir terkuat dengan sayap besarnya dan tanduk hitam di kepalanya, tetapi karakter Maleficent di film ini adalah seorang penyihir baik hati yang sangat cinta dengan kedamaian dan lingkungan. Ia tumbuh besar di sebuah kerajaan yang indah, kerajaan yang penuh dengan hewan-hewan, kurcaci, dan tumbuhan yang bisa berbicara. Kerajaan yang penuh dengan dunia sihir kedamaian. Sampai suatu hari ia di khianati oleh seorang laki-laki yang di percayainya, sifat hangat nya berubah menjadi es. Ia menjadi penyihir jahat yang penuh dengan dendam sampai-sampai menyihir seorang bayi yang tidak berdosa. Tetapi suatu ketika ia merasa bersalah karena sudah menyihir bayi tersebut, ia menyesali perbuatannya dengan  cara merawat bayi tersebut sampai tumbuh dewasa dan berusaha menghilangkan kutukan yang telah dibuatnya.
Untuk menganalisis cover film ini, akan digunakan teori semiotika dari sudut pandang Charles Sanders Peirce, yaitu:
a.       Ikon
b.      Indeks
c.       Simbol

a.       Ikon 
1.     Seorang wanita bertanduk, yang memakai jubah hitam dengan warna lipstik merah yang menyala.
2.      Seorang perempuan bergaun biru dan berambut panjang.
3.      Tiga peri kecil yang memakai gaun berwarna biru, hijau, dan merah.
4.      Tiga makhluk bertubuh kerdil dengan hidung besar dan bertelinga lebar.  
5.      Istana Kerajaan.
6.      Sebuah hutan.
7.      Sebuah danau.
8.      Seekor kupu-kupu biru.
9.      Makhluk bertongkat yang menaiki kuda.
10.  Pohon bertubuh manusia.

b.      Indeks
1.      Wanita bertanduk besar dan memakai pakaian hitam bisa di artikan sebagai penyihir jahat. Berkebalikan dengan wanita yang memakai pakaian serba putih. Warna hitam, identik dengan arti kejahatan, kekuatan, misteri dan kegelapan. Sedangkan tanduk, bisa di lambangkan seperti tanduk setan. Setan adalah makhluk yang bersifat jahat dan egois. Tanduk besar yang ada diatas kepala tokoh Maleficent melambangkan kekuatan besar, dibandingkan dengan tokoh yang lainnya. Lipstik merah yang di gunakan oleh tokoh Maleficent, melambangkan arti dari seorang wanita yang berani. Warna merah biasa di artikan dengan  keberanian, cinta, perjuangan, bahaya, kekerasan dan terkesan seksi. Ekspresi wajah Maleficent bisa dikatakan memandang dengan tatapan jahat dengan penuh rasa dendam dan memberikan tantangan. Ekspresi tersebut berkaitan dengan inti cerita film ini, karena di film ini Maleficent mempunyai rasa dendam pada seorang tokoh raja yang menghadapinya.
2.      Perempuan berambut panjang dan memakai gaun biru bisa di artikan sebagai putri. Perempuan berambut panjang biasa di artikan dengan perempuan anggun, dewasa dan lembut. Sedangkan gaun panjang berwarna biru diartikan sebagai pakaian feminim, anggun dan terkesan seperti pakaian seorang putri dari Kerajaan. Warna biru sendiri mempunyai arti dari keanggunan, kelembutan, persahabatan, dan kekayaan. Tokoh ini adalah putri Aurora, anak dari raja istana yang ada di dalam hutan. Putri Aurora mempunyai sifat baik hati, cinta damai, anggun dan tidak sombong didalam cerita film ini. Ekspresi wajah putri Aurora terlihat bingung. Ekspresi wajahnya bisa di kaitkan dengan karakter di dalam film ini, putri Aurora tergambar dengan sifat polos.
3.      Tiga peri kecil yang ada di sebelah kanan cover, adalah tiga peri yang merawat Aurora sejak bayi. Mereka memakai pakaian yang berbeda karena memberikan sihir yang berbeda pada Aurora. Warna merah bisa di artikan dengan cinta dan kesetiaan, oleh karena itu peri bergaun merah memberikan sihir berupa cinta dan kesetiaan pada putri Aurora. Warna biru bisa di artikan dengan kelembutan dan keanggunan, di dalam film ini peri yang memakai gaun biru memberikan sihir  keanggunan pada putri Aurora. Warna hijau  melambangkan persahabatan, oleh karena itu peri bergaun hijau memberikan sihir persahabatan dan cinta damai pada putri Aurora. Tiga peri kecil yang bisa terbang biasa di sebut Tinkerbell dalam film-film fantasi, kebanyakan Tinkerbell adalah tokoh dengan karakter baik hati dan suka menolong.
4.      Tiga makhluk bertubuh kecil, di dalam cerita fantasi tiga macam makhluk bertubuh kecil dan kerdil biasa di sebut dengan kurcaci. Mereka biasa di gambarkan dengan sifat penolong dan baik hati, mereka dekat dengan tokoh-tokoh utama dalam sebuah cerita. Kurcaci mempunyai berbagai bentuk, ada yang bertubuh kurus seperti di film Snow White dan ada juga yang bertubuh gendut serta bertelinga lebar seperti di film Malficent.
5.      Istana Kerajaan pada cover dapat digambarkan dengan adanya bangunan-bangunan yang menjulang tinggi dengan atap berbentuk lincip tepat di belakang tokoh Putri Aurora berdiri. Istana Kerajaan identik dengan cerita yang berbau fantasi. Di dalam istana Kerajaan selalu terdapat tokoh raja, ratu, dan anaknya.
6.      Sebuah hutan digambarkan dengan banyaknya pohon dan tumbuhan lainnya yang ada pada cover film. Sebagian besar wallpaper dari cover film tersebut terdapat lebih banyak ikon pohon dengan warna kehijauan, batang-batang besar yang menjalar di sana-sini, memberikan kesan misteri dan penuh petualangan.
7.      Danau di cover film Malficent terlihat jelas di tengah bagian, di antara hutan dan istana yang berdiri. Terlihat genangan air yang bisa memantulkan bayangan beberapa ikon yang terdapat di cover tersebut.
8.      Seekor hewan bersayap berwarna biru tergambar kecil di sebelah sebuah kurcaci bertubuh gendut. Hewan bersayap itu bisa di bilang kupu-kupu.
9.      Makhluk bertongkat menunggangi kuda. Makhluk tersebut terbentuk dari sebuah pohon, ia menunggangi kuda dan membawa tongkat. Ketika perang terjadi, makhluk itu menjadi sekelompok kawanan dari Malficent.
10.  Pohon bertubuh manusia juga sama dengan makhluk bertongkat sebelumnya. Ia adalah kawan dari Maleficent. Pohon bertubuh manusia bisa di katakan hidup dengan sihir karena sebenarnya ia hanya sebatang pohon, tetapi di sini ia mempunyai tangan dan kaki layaknya manusia.

c.       Simbol
1.      Maleficent
Pada cover film ada tulisan dengan huruf besar ‘MALEFICENT’. Kata itu diartikan sebagai kejahatan dan kata itulah yang menjadi judul pada film ini.
2.      Disney
Kata ‘Disney’ sudah dikenal hampir oleh semua penduduk dunia di muka bumi ini. Disney sebenarnya adalah nama belakang dari pendiri Walt Disney yang lahir di Amerika Serikat. Disney adalah salah satu produser paling terkenal di dunia. Hampir semua film Disney laku di pasaran. Film produksi dari Disney bertemakan fantasi.
3.      Don’t Believe The Fairy Tale
Kalimat ‘Dont believe the fairy tale’ bisa di artikan sebagai ‘jangan percaya pada dongeng’. Kalimat tersebut di masukan ke dalam cover mungkin untuk mengajak orang-orang agar semakin penasaran dengan isi dari cerita film tersebut. Sebuah cerita fantasi yang di adaptasi dari dongeng ternama dari jaman dahulu, yaitu Sleeping Beauty. Semua huruf sengaja dibesarkan agar menjadi titik fokus yang akan di baca setelah judul serta memberi sedikit gambaran pada isi cerita.
4.      Angelina Jolie

Angelina Jolie adalah artis Hollywood, artis internasional papan atas yang berasal dari Amerika Serikat. Ia banyak membintangi film mulai dari film Romance, Action sampai dengan Fantasi. Angelina Jolie juga sering mendapat penghargaan dari film yang di bintanginya. Namanya terdapat di cover film bagian atas karena ia adalah tokoh utama pada film Maleficent. Angelina Jolie memiliki banyak fans, sehingga jika ia yang membintangi film ini, kemungkinan besar film akan laris dan banyak yang menonton.

0 comments:

Post a Comment

 
Dorami Doremi Blogger Template by Ipietoon Blogger Template